X
Menu
X

Memahami Rivalitas Barça dan Real Madrid

Memahami Rivalitas Barça dan Real Madrid

Rivalitas antar klub di dunia sepakbola adalah bumbu penyedap yang membuat sebuah partai sepakbola menjadi menarik disaksikan. Dengan adanya rivalitas panas antar dua klub yang sedang bertanding sudah pasti tensi akan lebih tinggi ketimbang dua klub yang bertemu tanpa pernah punya rivalitas.

Sebelum lebih jauh, kami akan membatasi kata dan makna rivalitas. Rivalitas yang dimaksudkan adalah persaingan antar dua tim sepakbola yang sudah mengakar sejak jaman dahulu kala, mungkin sejak sepakbola resmi eropa bergulir sekitar tahun 1920-1930an.

Siapa penggemar sepakbola yang tidak mengetahui rivalitas antara FC Barcelona dan Real Madrid? Rivalitas mereka semakin panas karena bukan hanya melibatkan prestasi di lapangan tetapi sudah merambah ke unsur politik dan budaya. Barça melambangkan sebuah kota di timur Negara Spanyol yang memiliki pelabuhan maha dahsyat (salah satu yang terbaik di dunia).

Kota ini yang di dominasi oleh bangsa Katalan (Catalunya) yang merasa kota mereka bisa berdiri sendiri tanpa perlu bantuan dari Ibukota (Madrid), semakin hari selalu saja ada pertentangan tentang ini, Katalan merasa kuat dan tidak perlu menginduk ke kerajaan (Madrid).

Madrid sendiri melambangkan penguasa, sebuah klub yang melambangkan kebesaran ibukota Negara Spanyol yaitu Madrid. Sebuah klub yang senantiasa pro pemerintah dan menjadi lambang perlawanan bangsa Catalunya yang kerap kali memang sulit diatur oleh kerajaan dan inginnya merdeka sendiri.

Kondisi diatas memantik aroma rivalitas antar kedua klub lebih dari sekedar berebut prestasi. Rivalitas ini pun pada akhirnya selalu sampai ke akar rumput sepakbola yaitu supporter masing-masing klub. Setiap kejayaan salah satu akan selalu ada cibiran dari rival. Setiap ada trofi masuk lemari ke salah satu klub selalu ada tangisan di dalam diri sang rival. Perseteruan inipun akhirnya mendunia termasuk ke Indonesia.

Istian Januar

Seorang yang selalu belajar untuk menulis lebih baik - menulis menggunakan hati dan fakta bukan euforia berlebih semata 

You Might Also Liked

Kalah di San Mames pada Pertemuan Pertama (2-1) Highlights: Liga Champions – Borussia Monchengladbach vs FC Barcelona (1-2) Susah Payah Menang di Borussia Park (1-2) Undian Liga Champions, FC Barcelona di Grup C Review Barça di La Liga Musim 2015/16 FC Barcelona Rengkuh Titel La Liga ke-24 di Kandang Granada Drama La Liga di Jornada Akhir Menangkan Derbi Barceloní, Barça Tatap Laga Pamungkas
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip