X
Menu
X
CLICK TO EDIT

SEJARAH INDOBARÇA   /

Our community history so far

INDOBARÇA muncul ke tengah-tengah komunitas fans klub sepakbola di Indonesia menjadi wadah pelepas dahaga untuk seluruh penggemar atau fans FC Barcelona di Indonesia. Saat itu, walaupun Barça telah dikenal luas oleh rakyat Indonesia akan tetapi belum ada komunitas fans khusus yang bisa menampung aspirasi para penggemar FC Barcelona di seluruh Tanah air.

Embrio terbentuknya IndoBarça berawal dari grup milis yang bernama indobarcamania@yahoogroups.com pada medio tahun 2002. Milis tersebut awalnya hanya berbagi info dan berita seputar FC Barcelona, dengan kata lain belum ada aktifitas secara offline untuk bertranformasi menjadi suatu fans klub. Karena hanya bertemu didunia maya, milis tersebut sempat vakum cukup lama karena kesibukan para anggotanya.

Pada tahun 2008, enam anggota milis, yaitu: Kiki (Jakarta), Sony (Jakarta), Tray (Jakarta), Indah (Jakarta), Amel (Bandung), dan Anggoro (Jogjakarta) kembali melakukan komunikasi satu sama lain. Uniknya, mereka berkumpul kembali justru dilakukan ketika prestasi Barça sedang terpuruk dalam rentan waktu musim 2007-2008. Namun, hal itu tidak menyurutkan enam anak muda tersebut untuk berkumpul dan kembali berdiskusi tentang FC Barcelona. Momen ini merupakan cikal bakal pondasi terbentuknya IndoBarça.

Pertemuan diantara para anggota milis tersebut terus berlangsung secara intensif sehingga muncul berbagai aktifitas secara offline dalam bentuk kegiatan. Hal ini ditandai dengan mulai diadakannya kegiatan nonton bareng pertandingan Barça, serta futsal yang bertujuan mencari teman yang sama-sama menyukai Barça.

Seiring berjalannya waktu, keinginan untuk memperjelas status menjadi fans klub ini muncul dan tepat pada tanggal 23 Mei 2009 dengan bertempat di Hanggar Futsal IBM Jakarta, secara resmi IndoBarça resmi berdiri dan diperkenalkan ke publik sebagai fans klub FC Barcelona di Indonesia. Acara tersebut pun turut mengundang berbagai fans klub tim sepakbola lain di Indonesia serta media-media olahraga.

Tahun 2014, merupakan salah satu tahun bersejarah bagi IndoBarça. Karena pada pada bulan maret, IndoBarça mendapat kepercayaan dari FC Barcelona sebagai fans club resmi FC Barcelona di Indonesia yang pertama. Pihak Barça memberikan nama resmi, yaitu Penya Barcelonista IndoBarça yang teregister dengan nomor #2182