X
Menu
X

Kalah di San Mames pada Pertemuan Pertama (2-1)

Kalah di San Mames pada Pertemuan Pertama (2-1)

San Mames – FC Barcelona kembali bertanding, kali ini lawan yang akan dihadapi pada laga pembuka tahun 2017 adalah Athletic Bilbao dalam ajang Copa del Rey babak 16 besar.

Pertandingan yang digelar hari Kamis atau Jum’at (06/01/2017) itu dimenangkan oleh Bilbao dengan skor tipis (2-1). Gol Bilbao dicetak oleh Aritz Aduriz ’25 dan Inaki Williams ’28, sedangkan Barça hanya bisa membalas melalui gol Messi ’52.

Copa del Rey terkadang dianggap masih sebelah mata oleh penikmat sepakbola, namun sesungguhnya turnamen ini tidak kalah bergengsi bila diteliti lebih dekat, karena ‘Ciri Khas’ permainan tanah Spanyol muncul dalam ajang ini.

Bertanding di laga awal pembuka tahun 2017, usai jeda libur tahun baru para pemain harus langsung bertanding pada laga penting, walaupun baru babak 16 besar, tapi Barça harus sudah menghadapi Athletic Bilbao yang merupakan salah satu tim di Spanyol yang banyak meraih trofi Copa del Rey.

Luis Enrique menurunkan seluruh pemain terbaiknya pada laga ini, namun entah kenapa Barça belum menemukan permainan terbaiknya. Mungkin pikiran para pemain masih berada di tempat liburan. Tapi yang jelas Bilbao berhasil mebongkar pertahanan Barça.

Gol Aduritz menit ’25 mutlak kesalahan organisasi pertahanan Barça karena Pique dan Sergi Roberto yang harusnya di sisi kanan malah berada lebih ke kiri saat serangan terjadi. Alhasil Aduritz tak terkawal dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang ter Stegen.

Dua menit berselang, kembali menunjukan bahwa Barça mempunyai organisasi pertahanan yang tidak solid. Entah mengapa ada saja pemain lawan yang tidak terkawal dan dapat bergerak bebas dikotak pinalti dan para pemain bertahan seakan meninggalkan pos-nya membuat Inaki Williams terbilang mudah membobol gawang ter Stegen.

Hanya Neymar yang mempunyai peluang mencetak gol pada babak ini. Sementara Messi, Suarez tidak mempunyai peluang dan Iniesta masih lupa akan daya magisnya. Barça sementara tertinggal (2-0).

Babak kedua, Barça ingin mengejar ketertinggalannya atau sekedar mencetak gol agar defisit gol tercapai? Yang pasti pertandingan semakin keras. Barça seolah menemukan bentuk permainannya dan Bilbao mencoba menahannya dengan permainan keras.

Messi, ya kembali Messi yang mencetak gol menit ’52 untuk memperkecil ketertinggalan. Gol yang agak kontroversi (bagi Bilbao) nan Indah yang dicetak melalui tendangan bebas. Kontroversi, karena pihak kiper Bilbao ngotot bahwa bola belum melewati garis gawang, sedangkan wasit dan teknologi menyatakan bola sepenuhnya sudah masuk gawang.

Neymar membuat dua orang pemain Bilbao mendapatkan kartu merah karena Raul Garcia dan Itturasspe begitu terpancing gaya permainan Neymar yang sebetulnya bagus dalam pertandingan ini.

Menghadapi 9 orang pemain selepas menit-80, Barça belum juga mampu mencetak gol penyeimbang. Menit ’90+3 Barça mendapat tendangan bebas yang menghasilkan kericuhan dimuka gawang Bilbao, sayangnya tendangan kaki kanan Messi masih membentur gawang dan Barça harus mengakui keunggulan Bilbao pada pertemuan pertama ini.

Prinsipnya, Barça harus bersyukur karena dapat mencetak satu gol pada laga ini yang merupakan modal penting untuk menghadapi Bilbao pada pertemuan kedua di Camp Nou minggu depan.

Susunan pemain:
Athletic Bilbao: Gorka Iraizoz, Eneko Boveda, Xabier Etxeita, Aymeric Laporte, Mikel Balenziaga, Mikel San Jose, Ander Iturraspe; Inaki Williams, Raul Garcia, Enric Saborit, Aritz Aduriz
Pelatih: Ernesto Valverde

FC Barcelona: Marc-Andre ter Stegen, Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Foto: FC Barcelona

You Might Also Liked

Suarez, Neymar, Messi dan Iniesta Kandidat Ballon d’Or Empat Gol Ke Gawang Deportivo, Barça Enggan Ulangi Kesalahan (4-0) Gol Messi Menjadi ‘The UEFA Goal Of The Season’ 2015/16 Review: Pemain Barça di Copa America Centenario 2016 Memahami Rivalitas Barça dan Real Madrid Layak kah Luis Suarez Dapatkan Pengakuan dari FIFA? Luis Suarez Akui Akur Dengan Messi dan Neymar 500 Gol Messi. 450 Gol untuk Barça
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip