X
Menu
X

Page 6

Review Barça di La Liga Musim 2015/16

Taktik permainan & Pembelian Pemain
Jujur saja, bagi penulis dari sisi taktikal, Barça musim ini mengecewakan karena nyaris tidak ada perubahan dari musim lalu. Namun disisi lain hal ini dapat dipahami mengingat jargon “don’t change the winning team” memang masih penting di dunia sepakbola. Barça masih mengandalkan kekuatan 3 penyerang utama. Hal ini terbukti dengan sumbangan total 90 gol di liga dan lebih banyak sekitar 12 gol ketimbang trio BBC. Lini belakang tetap keropos seperti biasa, Pique dan Masche sering kali terlihat telat akibat Alba dan Alves terlambat turun. Saat counter attack dari sayap, sering kali salah satu CB harus menutup sisi permainan akibatnya lini pertahanan bagian tengah tinggal dijaga satu CB dan inilah yang selalu berhasil dieksplorasi lawan.

Keburukan Barça kedua adalah kerap kali panik saat sudah unggul dan lawan berhasil mencetak gol, tak jarang musim ini barca sudah unggul 1-2 gol justru berakhir dengan kehilangan poin, sebuah hal yang musim lalu nyaris tidak ada. Meskipun terkesan sudah mulai usang namun gap yang diciptakan Barça dengan real serta atletico sudah terlanjur jauh sehingga hal inilah yang masih bisa mengantar barca menjadi juara. Satu-satunya yang menggembirakan musim ini adalah penampilan Sergi Roberto. Pemain ini mahir di berbagai posisi dan selalu tampil konsisten, apalagi jika ia dipasang sebagai starter. Rafinha sejatinya juga bisa perform musim ini sayang cedera menghambatnya.

Dari 2 pemain yang dibeli Barca pada awal musim yaitu Aleix Vidal dan Arda Turan, keduanya dimata penulis belum cukup nyetel dengan ritme Barça. Vidal sedikit lebih baik, ia diposisikan di bek kanan namun sejatinya wing kanan tapi masih bisa mengikuti ritme permainan Barça meskipun belum sempurna. Arda Turan yang sebelumnya terkenal gahar di atletico mendadak hilang taring di Barça, ia justru kerap tampil salah posisi, tidak fokus dan seperti minder dengan nama – nama besar pemain barca. Kedepan Vidal mungkin masih bisa diharapkan namun Arda Turan nampaknya perlu benar – benar mendapat perhatian khusus dari Luis Enrique.

 

Share

Istian Januar

Seorang yang selalu belajar untuk menulis lebih baik - menulis menggunakan hati dan fakta bukan euforia berlebih semata 

You Might Also Liked

Memahami Rivalitas Barça dan Real Madrid FC Barcelona Rengkuh Titel La Liga ke-24 di Kandang Granada Menangkan Derbi Barceloní, Barça Tatap Laga Pamungkas Empat Gol, Pichichi dan Pinalti Highlights: Deportivo la Coruna – FC Barcelona (0-8) Hantam Deportivo Delapan Gol, Barça Mengamuk! Fight but Lost! Pertandingan Ketat, Barça Sukses Hempaskan Atletico Madrid (2-1)
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip