X
Menu
X

Page 2

Mengintip Peluang FC Barcelona di Musim 2016/17

Taktik
Berdasarkan pertandingan yang telah dilalui oleh Barça baik saat uji coba maupun partai resmi, Barça nampaknya masih belum terlalu mengubah cara permainan dasar mereka yaitu penguasaan bola penuh, operan pendek satu – dua dan diselingi umpan jauh dari lini belakang. Patron 4-3-3 masih lekat di barca dengan kombinasi 3-4-3 dengan maju naiknya kedua wing back hingga ke lini tengah sementara posisi gelandang pivot akan turun diantara kedua bek tengah.

Taktik ini sebenernya masih sangat kuat untuk mengarungi musim 2016/17 namun demikian taktik ini membutuhkan konsentrasi dan konsistensi yang tinggi. Musim lalu Barça melaju mulus dengan taktik serupa namun sempat kehilangan konsistensi sehingga di liga yang sudah unggul poin cukup jauh sempat mendekat menjadi 1 poin namun beruntung masih bisa juara. Namun kondisi seperti ini jelas tidak akan bisa bertahan di format turnamen yang akhirnya gelar UCL musim lalu harus melayang.

Taktik ini sejujurnya merupakan salah satu taktik yang terbaik di dunia untuk saat ini, banyak tim lain yang berusaha menduplikasi taktik ini, Barça harus memiliki banyak variasi dalam menjalankan taktik ini. Counter attack layaknya dua musim lalu perlu dipertajam, pertukaran posisi khususnya di lini depan juga perlu diasah. Suarez bisa bermain melebar, bolehlah di beberapa partai Messi atau Neymar ada di tengah sementara Suarez melebar, hal ini akan menyulitkan lawan untuk melakukan pengawalan man to man terhadap trio MSN. Lini belakang seperti biasa hanya memerlukan pemahaman yang baik atas umpan silang khususnya melalui bola mati.

Kekuatan Rival Terkini
Dikancah domestik sudah tentu duo Madrid yaitu Atletico dan Real adalam lawan terkuat, namun ada sedikit angin segar bagi Barça jika melihat partai awal Atletico yang kurang konsisten sementara Real tidak menambah kedalam skuad dengan bintang papan atas dan nampaknya akan mengandalkan pemain muda.

Hal ini sesuai dengan cita – cita Perez yang sangat ingin menduplikasi sukses barca di bawah pep, yaitu pelatih dan pemain utama adalah produk asli klub. Ketika sebuah klub mengubah sebuah kebisaan mereka yang sudah berjalan lama (membeli bintang untuk prestasi) tentu membutuhkan adaptasi yang tidak sebentar. Namun kekuatan utama Madrid ada pada kekompakan mereka yang sudah tertanam sejak nahkoda tim pindah ke Zidane dan nampaknya musim ini mereka akan sangat konsisten.

Dikancah eropa, beberapa tim papan atas yang berpotensi mengganjal Barça adalah duo madrid, lalu ada Bayern yang saat ini dilatih Carlo Ancelotti yang merupakan pelatih spesialis eropa. Dari liga Inggris sudah tentu Manchester City menjadi yang terkuat ditambah pelatihnya yang merupakan salah satu orang yang sangat paham dengan Barca. Juventus juga tidak boleh diremehkan, meskipun kehilangan Pogba, mereka mendatangkan pengganti yang cukup sepadan, kelebihan klub ini ada di fleksibilitas taktik serta kemampuan bertahan. PSG sejatinya juga masuk lawan yang perlu diperhatikan namun kehilangan Zlatan, pergantian pelatih dan 2 partai terakhir yang kurang meyakinkan sudah cukup untuk mencoretnya karena mereka nampaknya akan memerlukan adaptasi yang panjang.

Kesimpulan
Barça memiliki skuad yang sangat baik musim ini, jika ditunjang dengan konsistensi permainan sejujurnya seluruh kompetisi bisa dimenangkan oleh barca. Namun demikian lawan – lawan juga cenderung memperbaiki diri sehingga persaingan pasti akan ketat. Jika trio MSN tampil sempurna sepanjang musim dan Paco yang menjadi back up juga mampu menjadi solusi di saat yang tepat selain itu lini belakang tampil solid maka lawan rasanya akan sulit membendung barca. Lini tengah rasanya dari musim ke musim selalu tampil konsisten dibanding lini lain. Akhir kata, selamat menikmati Barça musim semoga di akhir musim nanti barca minimal bisa memperoleh liga champions.

Istian Januar

Seorang yang selalu belajar untuk menulis lebih baik - menulis menggunakan hati dan fakta bukan euforia berlebih semata 

You Might Also Liked

João Cancelo Resmi Dikontrak Lima Tahun Segi Roberto dan Umtiti Masuk ‘UEFA Champions League Breakthrough Team of The Year 2016’ Hari Pertama Paco Alcácer Berseragam Blaugrana Paco Alcácer, Rekrutan Terakhir Musim Panas Ini Hari Pertama Cillessen Berseragam FC Barcelona Cillessen Resmi ke FC Barcelona Selamat Datang, Samuel Umtiti Denis Suárez, Dreams are Welcome
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip