X
Menu
X

Mengintip Peluang FC Barcelona di Musim 2016/17

Mengintip Peluang FC Barcelona di Musim 2016/17

Musim 2016/17 sudah berjalan sekitar setengah bulan, Barça berhasil memimpin kompetisi la liga dengan menyapu bersih 2 kemenangan awal sama dengan Real Madrid dan Las Palmas. Menilik start yang cukup apik ini, menarik untuk melakukan analisa kira-kira seberapa besar peluang Barça musim ini, bagaimana kedalaman skuad dan juga seberapa jitu atau alternatif taktik apa saja yang bisa dipakai oleh Luis Enrique mengarungi musim yang ketat ini.

Pergerakan Bursa Transfer
Harus diakui transfer musim ini adalah salah satu yang terbaik selama beberapa musim terakhir (setidaknya sejak era Guardiola), jika kita hanya melihat kualitas masing-masing individu dan belum berbicara tentang keberhasilan berupa trofi untuk tim.

Kehilangan Bravo berhasil ditambal dengan kedatangan Jasper Cillessen dari Ajax. Transfer ini memang belum terlihat namun Bravo yang mulai gundah dan usia mulai melebihi masa emas digantikan dengan kiper lebih muda serta jam terbang tinggi menurut penulis adalah sebuah transfer yang menguntungkan.

Salah satu kelemahan Barça di jantung pertahanan coba diperbaiki dengan kehadiran Umtiti dari Lyon dan back up untuk Jordi Alba datang dalam bentuk Lucas Digne dari Roma. Keduanya juga terbilang menguntungkan. Bartra yang sulit berkembang dan Vermaelen yang tidak maksimal digantikan Umtiti yang memiliki skill bagus dan jam terbang cukup. Digne sendiri adalah pelapis sepadan bagi Alba.

Di lini tengah yang selama ini bertumpu pada Iniesta dan Rakitic coba di back up oleh Denis Suarez yang ‘Kembali’ dari VIllarreal dan Andre Gomez dari Valencia. Keduanya jelas mumpuni untuk memback up Iniesta dan Rakitic selain masih ada nama lain seperti Rafinha yang sejatinya juga bisa menjadi penyerang.

Transfer terakhir yang menurut penulis jitu adalah Paco Alcacer. Meskipun berat melepas Munir namun kedatangan Alcacer yang masih sangat muda sekitar 23 tahun tentu jelas merupakan calon regenerasi untuk Suarez dan Messi yang sangat mumpuni. Kelak bukan tidak mungkin bersama Neymar dan Munir, Alcacer akan mengisi trio lini depan Barça.

Kedalaman Skuad
Kedalaman skuad sendiri juga sangat baik musim ini. Barça memiliki 2 kiper yang tangguh, Ter Stegen dan Cillessen. Di lini belakang masing – masing posisi diisi oleh pemain utama dengan back up yang mumpuni. Sergi Roberto akan di back up Aleix Vidal, Alba di back up Digne dan jantung pertahanan Pique – Masche di back up Umtiti dan Mathieu.

Lini tengah yang menjadi ganjalan adalah Sergio Busquets yang tidak memiliki back up, sayang sekali sebenarnya manajemen memutuskan melepas Sergi Samper namun demikian ada Sergi Roberto yang cukup fasih di posisi ini, pun demikian dengan Mathieu dan jangan lupakan ini adalah posisi alami Mascherano. Untuk motor serangan duet Iniesta dan Rakitic mendapat back up Denis Suarez dan Andre Gomez, Denis Suarez sendiri di awal musim ini sangat menjanjikan saat menggantikan peran Iniesta yang cedera sementara Andre Gomez memang belum terlalu nyetel.

Di lini depan Trio MSN saat ini memiliki satu back up penyerang yaitu Paco Alcacer yang sejatinya merupakan back up Suarez, di sisi Messi nampaknya akan di back up oleh Rafinha sementara sisi Neymar akan di back up Arda Turan. Turan sendiri berhasil bersinar di awal musim ini saat menggantikan Neymar yang berjuang di olimpiade, keberhasilan Turan ini tentu akan membuat pening kepala Luis Enrique secara positif.

Secara keseluruh persiapan pemain musim ini sangatlah bagus, transfer yang masuk menambah kedalaman skuad yang sangat dibutuhkan Barca. Kualitas pemain back up kini juga tidak terlalu berbeda jauh dengan pemain inti. Dengan adanya beberapa nama yang bisa bermain di multi posisi tentu juga akan memudahkan Luis Enrique jika hendak mengubah patron / skema permainan di tengah pertandingan.

Istian Januar

Seorang yang selalu belajar untuk menulis lebih baik - menulis menggunakan hati dan fakta bukan euforia berlebih semata 

You Might Also Liked

João Cancelo Resmi Dikontrak Lima Tahun Segi Roberto dan Umtiti Masuk ‘UEFA Champions League Breakthrough Team of The Year 2016’ Hari Pertama Paco Alcácer Berseragam Blaugrana Paco Alcácer, Rekrutan Terakhir Musim Panas Ini Hari Pertama Cillessen Berseragam FC Barcelona Cillessen Resmi ke FC Barcelona Selamat Datang, Samuel Umtiti Denis Suárez, Dreams are Welcome
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip