X
Menu
X

Announcer Legendaris Camp Nou

Beberapa saat lalu seseorang yang mungkin selama ini tidak kita sadari saat menyaksikan tim kesayang kita FC Barcelona bertanding dikandang meninggal dunia. Seseorang yang mungkin kurang banyak diperhatikan oleh fans Barça atau mungkin hanya sedikit fans yang menanyakan siapakah dia.

Dia adalah Manel Vich. Dia memang tidak se-terkenal Johan Cruyff atau Kubala, bahkan Ronaldinho. Dia bukan pemain, namun suaranya tanpa kita sadari selalu terdengar di Camp Nou. Vich adalah announcer stadion Camp Nou.

Suaranya kerap terdengar saat pertandingan akan dimulai. Biasanya dia akan menyapa penonton dan membacakan susunan pemain yang akan bertanding. Namun kini, ia tidak lagi melakukan kegiatan yang telah dilakukannya sejak tahun 1958 karena ia meninggal dunia pada tanggal 29 April 2016.

Pihak klub mengumumkan untuk berkabung selama tiga hari untuk menghormati Vich yang meninggal di usia 78 tahun. Jadi semua level tim FC Barcelona akan mengadakan ‘Minute of Silence’ dan menggunakan Ban hitam di lengan.

Hebatnya Vich, selama 58 tahun sebagai announcer di Camp Nou, ia hanya tiga kali absen. Dua kali ketika ia menjalani operasi ginjal dan sekali saat pernikahan puterinya. Selebihnya ia selalu bisa memberikan suaranya di stadion kebanggaan tim FC Barcelona itu.

Ada cerita unik pada pria yang mengidolakan Kubala tersebut, yaitu saat dia harus menyebutkan nama legenda Barça, Johan Cruyff. Menurut ejaan saat itu harusnya Cruijff, namun Vich menyebutnya dengan Cruif. Akibatnya seluruh stadion bergumam, namun Vich tetap saja mengumumkannya dengan nama Cruif.

Selamat jalan dan terima kasih, Vich.

Sumber: FCB

Share

You Might Also Liked

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *