X
Menu
X

Mascherano Dituding Menggelapkan Pajak

Mascherano Dituding Menggelapkan Pajak

Setelah kasus pajak Lionel Messi yang bermasalah, kali ini giliran Javier Mascherano dituding menggelapkan pajak. Menurut berita BBC, Mascherano diduga menggelapkan pajak di Spanyol senilai 1,5 juta Euro atau setara dengan 24 milyar rupiah.

Terdapat dua dakwaan yang ditujukan kepada Mascherano. Yang pertama adalah Mascherano dituding menutupi pendapatan yang dia terima dari penjualan hak citra dirinya melalui perusahaan di Amerika dan Portugal.

Tuduhan tersebut berdasarkan data tahun 2011 menyebutkan bahwa Mascherano menggelapkan pajak sebesar 587.882 Euro, dan tahun 2012 sebesar 968.907 Euro. Media lokal Spanyol menyebut bahwa Mascherano sudah membayar kewajibannya, namun tetap saja akan dihadapkan kepada pengadilan mengenai penggelapan pajak tersebut.

Sejauh ini Mascherano menunggu keputusan hakim apakah dia harus menjalani sidang pengadilan. Melihat kasus yang menimpa Lionel Messi dan Mascherano, sepertinya harus membuat aturan antara kebijakan pajak di Spanyol dan Amerika Latin.

Bukan hal yang tidak mungkin kasus serupa akan terjadi kepada Luis Suarez, maupun Neymar dan pemain lainnya yang berasal dari Amerika Latin yang notabene sistem pajaknya berbeda dengan kebijakan di Spanyol.

Melihat perbedaan kebijakan sistem pajak di Spanyol khusus pemain di luar Spanyol ternyata jauh lebih menguntungkan untuk sementara waktu dibanding di Inggris. Kalau di Inggris, potongan pajak mencapai 50%. Jadi sekalipun pemain tersebut gaji bernilai tinggi, bila sudah dipotong dengan pajak 50%, tidak ada bedanya dengan pemain Spanyol bergaji rendah.

Sementara Spanyol sejak tahun 2004, menetapkan kebijakan bagi pemain luar Spanyol, pemain cukup membayar pajak sebesar 24% selama 6 tahun pertama di Spayol. Namun setelah 6 tahun tersebut, pemain membayar pajak 50%.

Kebijakan pajak yang besar tersebut memang berbanding lurus dengan dampak yang diperoleh yaitu kesejahteraan rakyatnya. Namun karena kebijakan pajak-pajak di Eropa inilah, yang menyebabkan Kaka kesulitan bertahan di Milan, tidak terkecuali Samuel Eto’o. Semoga kasus pajak yang menimpa Mascherano segera terselesaikan. [bbc]

Share

Renny Francisca

 

You Might Also Liked

Review: Pemain Barça di Copa America Centenario 2016 Mascherano Capai 250 Pertandingan Berseragam Blaugrana Banding Diterima, Mascherano Dihukum Dua Laga Enam Pemain Barça Kandidat Ballon d’Or Empat Bek Barça Masuk Kategori FIFA FIFPro World XI 2014 Kekalahan Dari Celta Vigo Khawatirkan Mascherano Javier Mascherano Sukses Kalahkan Messi Pemain Barça Dalam 23 Nama Peraih FIFA Balon d’Or 2014
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip