X
Menu
X

IndoBarça, Pelepas Dahaga Fans Barcelona

IndoBarça, Pelepas Dahaga Fans Barcelona

article-fcb

Tampaknya agak kurang gereget bila fans sepak bola sebuah klub besar liga-liga Eropa, baik Liga Spanyol, Inggris, maupun Italia, tidak memiliki wadah aspirasi atau komunitas yang dapat menampung kecintaan mereka terhadap sebuah klub sepak bola. Untuk itulah, fans Barcelona yang ada di Indonesia bergabung bersama dalam sebuah payung yang dinamai Indobarca.

Indobarca atau Indo-Barcelona adalah sebuah fans club FC Barcelona yang dibentuk sebagai pelepas dahaga bagi sesama individu yang mencintai klub dengan julukan Blaugrana itu.

Indobarca berawal dari sebuah milis, indobarcamania@yahoogroups.com pada 2002, tempat bertukar informasi antar-sesama pendukung Barcelona di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu dan kesibukan setiap anggota, milis itu menjadi tidak aktif.

Enam tahun kemudian, pada 2008, beberapa anggota milis yang tersebar di beberapa kota, seperti Kiki (Jakarta), Sony (Jakarta), Tray (Jakarta), Indah (Jakarta), Amel (Bandung), dan Anggoro (Yogyakarta), berinisiatif untuk bertemu dan berdiskusi secara langsung.

Pertemuan kian intensif di Jakarta dan mulai ada beberapa kegiatan kecil berupa nonton bareng dan pertandingan futsal. Anggoro yang berasal dari Yogyakarta berniat mencari massa di kota asalnya. Dari sinilah, Indobarca sudah menjadi dua bagian, Chapter Jakarta dan Yogyakarta.

Seiring kecepatan informasi yang menyebar di kalangan sesama pencinta Barcelona, semakin pesat pula pertumbuhan fans Barca lain yang ingin bergabung menjadi anggota Indobarca. Maka, pada 23 Mei 2009, Indobarca ditetapkan resmi berdiri dan diperkenalkan kepada publik. Peresmian ini turut dihadiri beberapa media sebagai partner Indobarca, bahkan mengundang perwakilan dari Unicef, selaku yayasan yang didukung penuh Barcelona.

Meningkatnya jumlah Indobarca chapter lain di berbagai kota menggantikan fungsi Jakarta yang awalnya sebagai chapter menjadi pusat. Hal ini bertujuan memisahkan antara kegiatan dan administrasi sebagai pengawas bagi seluruh chapter-chapter Indobarca yang ada di Indonesia.

Ares Pareira, selaku Presiden Indobarca saat ini, mengatakan, setelah peresmian pada 23 Mei 2009, Indobarca Chapter Jakarta haruslah diubah menjadi Indobarca Pusat karena seiring meningkatnya jumlah permintaan Indobarca chapter lain. “Saat itu memang harus dipisahkan antara administrasi sebagai pengawasan bagi kota-kota lain, dan juga kegiatan,” kata Ares saat ditemui di salah satu kedai kopi di bilangan Jakarta.

Tiga tahun berikutnya, pada 9 Februari 2012, barulah Indobarca Chapter Jakarta diresmikan. Falconi, selaku Koordinator Indobarca Chapter Jakarta, mengatakan, “Perbedaan antara pusat dan Chapter Jakarta lebih kepada eksekutor kegiatan. Sedangkan pusat lebih ke administrasi agar lebih terkoordinasi.”

Untuk kegiatan selain nobar, masih menurut Falconi, Indobarca Chapter Jakarta sering mengadakan kompetisi futsal, basket, kopi darat, bahkan sampai ke acara kegiatan sosial mengunjungi panti asuhan.

Saat ini jumlah anggota Indobarca secara keseluruhan mencapai 4.000 orang. Untuk Chapter Jakarta tercatat 150 orang yang aktif. “Di Jakarta yang aktif sekitar 150 orang, yang tidak aktif lebih dari segitu,” ujar Andhika Restu selaku Sekretaris Indobarca Chapter Jakarta.

Sumber: Tempo/Reza Aditya Ramadhan

You Might Also Liked

Interview Messi Dengan ESPN Gathering #2 Chapter Jakarta Montoya: “Jika saya bekerja keras saya akan mendapatkan lebih banyak waktu” Konfrensi pers Messi menjelang musim 2013/2014 Messi: “Saya belajar banyak dari Ronaldinho” Kalah Telak oleh Muenchen, Ini Komentar IndoBarça Ingin Gabung dengan IndoBarça? Ini Syaratnya Indobarca: Valdes Bukan Titik Lemah Barca
Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip